Tuesday 26 December 2017

Apa Penyakit Herpes itu ?


Masyarakat awam mengenal herpes sebagai penyakit kotor karena PSK banyak mengindap penyakit ini. Namun, kenyataanya saat ini banyak wanita karir yang terkena penyakit ini. Penularan penyakit ini tergolong cepat sehingga penderita Herpes seringkali dijauhi dari pergaulannya atau dengan kesadaran sendiri akan menarik diri dari komunitasnya.

Penyakit herpes dibagi menjadi dua jenis yaitu Herpes Zoster dan Herpes Simplex. Herpes Zoster disebabkan oleh virus Zoster, dapat mengenai segala lapisan usia, dari anak-anak sampai manula. Penyakit ini biasanya menyerang area kulit dan mengenai selaput lendir, namun tidak berhubungan sama sekali dengan kelamin. Serangan virus ini bersifat segmented. Artinya, apabila yang terinfeksi adalah kulit wajah, maka hanya area itu saja yang terserang. Biasanya kulit wajah dan kulit dada rentan terhadap virus jenis ini. Masa inkubasinya 7 sampai 12 hari.

Gejala Herpes diantaranya adalah:
Rasa gatal dan perih di area yang terkena. Bahkan kadang-kadang disertai rasa seperti terbakar.

Tubuh terasa meriang, pening, pegal-pegal, dan kurang nafsu makan. Pada herpes kelamin, kadang-kadang penderita menjadi susah buang air kecil. Area yang terinfeksi biasanya berwarna kemerahan, dan menjadi sensitif, setelah itu timbul bintik-bintik merah. Jumlahnya bervariasi. 

Kadang-kadang hanya 1 bintik saja. Setelah beberapa hari, di area itu akan keluar bintik-bintik kecil berisi air. Bintik ini akan berubah warnanya setelah beberapa hari. Bahkan dalam kasus yang berat, bintik-bintik ini akan bernanah.

Herpes Simplex terdiri dari dua tipe yaitu tipe satu, disebabkan oleh virus HSV-1 dan tipe dua, disebabkan oleh virus HSV-2. Tipe pertama biasanya terdapat pada daerah bibir atau batas antara kulit dengan selaput lendir. Tipe ini juga bisa menyerang anak-anak. Tipe kedua biasanya menyerang daerah kelamin. Pemeriksaan laboratorium sangat tepat untuk mendeteksi jenis virus yang masuk ke dalam tubuh.

Cara penularannya bermacam-macam dan berlangsung sangat cepat. Herpes Simplex tipe dua yang menyerang kelamin biasanya menular lewat hubungan seks, baik melalui oral maupun vaginal. Jamur yang sering timbul pada area yang terkena biasanya memperparah kondisi penyakitnya. Sedangkan Herpes Simplex tipe pertama biasanya menyerang pada anak-anak yang tertular dari orang dewasa. 

Pada anak-anak cara penularan yang paling mudah melalui kontak fisik, seperti dicium oleh orang yang terinfeksi. Bisa juga melalui benda perantara, misalnya alat-alat kedokteran gigi yang tidak steril, sedotan, atau sendok yang bekas dipakai penderita herpes. Selain itu, virus herpes juga dapat menyebar melalui angin, debu atau udara. Oleh karena itu, dapat dipahami bahwa wanita karir seperti Diana tadi, mudah sekali tertular. Ruang perkantoran yang ber ac seringkali menjadi media yang baik untuk penyebaran virus.



Apabila sudah telanjur kontak langsung dengan penderita, gejala herpes tidak akan langsung muncul. Biasanya virus herpes akan ‘bekerja’ hingga 20 hari didalam tubuh, tergantung daya tahan seseorang. Kemudian, bintik-bintik merah yang muncul,biasanya akan bertahan selama kurang lebih 2 minggu. Namun, semua ini juga tergantung dari jenis virus apa yang tertular.

Seseorang yang sudah terinfeksi virus herpes simplex biasanya akan mudah terinfeksi lagi, dan terjadi di area yang sama. Hingga saat ini fakto penyebab kambuhan belum diketahui. Kelelahan yang berkepanjangan, stress emosional, kurang istirahat, menstruasi, pembedahan dan tertular lagi, merupakan faktor yang menjadi pencetus kambuhnya penyakit ini.

Menurut penelitian di Amerika, herpes kambuhan ini bisa terjadi seminggu, dua minggu atau bahkan bertahun-tahun setelah herpes pertama. Oleh karena itu, diet yang baik, cukup istirahat, dan waspada media penularan, merupakan cara ampuh untuk mencegahnya, minimal memperpendek waktu kambuhnya. Hal ini penting dilakukan karena penyakit ini sampai sekarang belum dapat disembuhkan secara total.


0 comments:

Post a Comment